Pino Bahari Bawa Obor Asian Games ke Puncak Gunung Ijen

BANYUWANGI, – Mantan petinju nasional Pino Bahari memimpin pendakian ke puncak Gunung Ijen, Minggu (22/7/2018) dini hari, dengan membawa obor Asian Games.

Obor Asian Games tiba di kaki Gunung Ijen, kawasan Paltuding, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (21/7/2018) pukul 23.30 dan tiba di puncak gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso pada Minggu sekitar pukul 02.00.

“Kami membutuhkan waktu 1,5 jam untuk mendaki gunung Ijen sampai puncak. Saya merasa sangat bangga dan terhormat bisa ikut bergabung membawa obor Asian games,” kata Pino kepada sejumlah wartawan, Minggu.

 

Dengan membawa obor Asian Games, Pino berdiri di pinggir kawah berlatar belakang api biru.

Momen itu pun dimanfaatkan wisatawan dan fotografer yang menyertai perjalanannya menuju Puncak Ijen.

Setelah matahari terbit, obor yang apinya diambil dari New Delhi, India, tersebut dibawa turun dari puncak Gunung Ijen kemudian akan dikirab keliling Banyuwangi sejauh 38 kilometer.

 

“Ada 10 pelari yang terdiri atas atlet dan warga berprestasi yang membawa obor secara estafet. Pembawa obor adalah mereka yang pernah berprestasi tingkat nasional hingga Asia,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com.

Selain itu, menurut Anas, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga menyiapkan beragam atraksi seni. Mulai dari tari gandrung, barong, dan Banyuwangi Ethno Carnival untuk mengiringi dalam sebuah ajang pesta rakyat yang digelar bersama Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

“Kami ikut bangga dan ini bentuk kebanggaan daerah dalam menyambut perhelatan olahraga akbar se-Asia ini. Kami juga menjadikan momen ini untuk promosi wisata,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.